Selasa, 05 Januari 2010

Burj Dubai, Gedung Tertinggi di Dunia, Bisa Melihat Iran dari Puncaknya

Abu Dhabi - Dubai merayakan pembukaan Burj Dubai, gedung tertinggi di dunia, serta ulang tahun naik tahta Yang Mulia Shaikh Mohammad Bin Rashid Al Maktoum, Wakil Presiden dan Perdana Menteri Uni Emirat Arab (UAE) sebagai Penguasa Dubai.


Dua perayaan ini menandakan kemampuan dan ketrampilan profesional mereka yang membangun dan mengelola proyek yang luar biasa ini, dan visi dan kepemimpinan Shaikh Mohammad yang memungkinkan gagasan itu berkembang dalam tempat pertama, demikian komentar sebuah surat kabar UAE.
Maklum saja, gedung ini tercatat sebagai yang tertinggi di dunia, menggeser posisi gedung Taipei 101 di Taiwan yang tingginya ‘hanya’ 509 meter. Ada lagi Tower CN di Kanada yang memiliki tinggi 555 meter, namun tidak diklasifikasikan sebagai gedung.

Pertunjukan kembang api dan sinar menjadi bagian seremoni peresmian gedung yang pembangunannya mencapai 1,5 miliar dolar AS (Rp 13,9 triliun) ini. Media lokal menyebutkan, sebanyak 1.000 personil keamanan diturunkan untuk mengamankan jalannya peresmian gedung. Sehari sebelum acara besar itu, petugas pembersih gedung membersihkan jendela dan lantai gedung Burj Dubai.



Semua yang terjadi di Dubai, tempat Shaikh Mohammad, pertama sebagai Putra Mahkota dan kemudian Penguasa telah mendorong kekuatan di belakang menjadikan Dubai satu pusat global dalam tahun 1990-an. Dubai menjadi pusat reekspor regional terkemuka, tetapi dunia globalisasi baru akan memerlukan satu pendekatan baru secara penuh, tambah harian itu.



Surat kabar berbahasa Inggris "Khaleej Times" dalam tajuk rencananya "Testatment to Dubai`s Can Dop Spirit" mengatakan Dubai memiliki tanggal bersejarah lainnya. Dengan pembukaan Burj Dubai Senin, emirat itu memperoleh satu kehormatan dalam sektor pembangunan yang membanggakan.

www.surya.co.id

print this page

0 komentar:

Posting Komentar